Selasa, Maret 21, 2017

Perkembangan ekonomi digital di Indonesia (kenali Indonesia dengan data)

Ekonomi digital merupakan dua kata yang terasa asing dan baru di telinga, namun begitu sering kita dengar gaungnya. Keberadaannya ditandai dengan semakin eksis berkembangnya bisnis atau transaksi perdagangan yang memanfaatkan internet sebagai media komunikasi, kolaborasi, dan kooperasi antar produsen dan konsumen. Ini terlihat dari keseriusan perusahaan-perusahaan besar maupun kecil yang terjun ke dalam format bisnis elektronik e-business dan e-commerce khususnya di Indonesia. Bisa dikatakan Ekonomi Digital merupakan masa depan perkembangan ekonomi Indonesia. Jadi apakah pengertian "Ekonomi Digital" itu sendiri??? banyak para ahli yang mendeskripsikan ekonomi digital diantaranya 
Tapscott (1998) yang menjelaskannya sebagai sebuah sosiopolitik dan sistem ekonomi yang mempunyai karakteristik sebagai sebuah ruang intelijen, meliputi informasi, berbagai akses instrumen informasi dan pemrosesan informasi dan kapasitas komunikasi. 
keseluruhan deskripsi yang diutarakan para ahli merujuk pada satu pengertian yang intinya mengemukakan bahwa ekonomi digital sebagai munculnya arena baru dalam berbisnis. Ekonomi digital di Indonesia dapat berkembang pesat apabila dikukung oleh pembangunan infastruktur yang memadai, sayangnya berdasarkan statistik dari databooks.co.id databooks.katadata.co.id, pembangunan infrastruktur jaringan di Indonesia masih tertinggal dibanding negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN). Riset dari We Are Social dan Hootsuite memberikan angka indeks 40,41 dari skor maksimal 100 untuk pembangunan infrastruktur jaringan dan telekomunikasi di Indonesia. Indonesia berada di posisi ke-5 dari 6 negara yang diteliti di Asia Tenggara, dan hanya unggul dari Vietnam yang berada di posisi terakhir dengan indeks 39,72.
sumber :
http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/03/16/di-asean-infrastruktur-jaringan-indonesia-tertinggal
Perkembangan ekonomi digital di Indonesia juga dapat dilihat dari kesiapan para pengusaha-pengusaha terhadap transformasi digital. Harus cermati bahwa proses digitalisasi di Indonesia berjalan dengan cepat dan para pengusaha harus tanggap serta cepat dalam mengambil langkah-langkah atau strategi yang dibutuhkan agar proses transformasi digital bisnisnya dapat bertahan dan sukses. Statistik kesiapan para pengusaha di Indonesia dapat dilihat pada diagram yang dihimpun dari databooks.katadata.co.id dibawah ini:
Dalam studi bertajuk ‘The Microsoft Asia Digital Transformation: Enabling The Intelligent Enterprise, sebanyak 90 persen pebisnis di Indonesia menyatakan perlu melakukan transformasi digital untuk mendorong pertumbuhan perusahaan. Namun sayangnya belum banyak yang memiliki strategi transformasi digital secara khusus. Hanya 27 persen pengusaha yang telah memiliki strategi secara menyeluruh. Mayoritas masih merencanakan dan sisanya bahkan belum memiliki strategi apapun. http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/03/06/seberapa-siap-pengusaha-indonesia-dengan-transformasi-digital
 
Kesimpulannya ekonomi digital diproyeksikan akan semakin bertumbuh dan menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Jika Indonesia ingin kembali menjadi macan Asia, hal penting yang setidak-tidaknya perlu dicermati untuk mendukung transformasi digital di Indonesia yaitu pembangunan infrastruktur jaringan dan telekomunikasi yang memadai dan kesiapan para pengusaha dalam era digitalisasi.

referensi :
Tapscott D. (1998). Growing Up Digital. The Rise of the Net Generation. New York:McGraw Hill xii+338. ISSN 0-07063361-4
http://databoks.katadata.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Siapa yang lebih tampan ??